Keuntungan2 menjadi K-Popers


Selama ini banyak yang menganggap menjadi seorang K-Popers (pecinta K-Pop) itu hanya sia2 belaka, alay, menghabiskan waktu, uang, tenaga dan  pokoknya berkaitan dengan hal2 negatif2 lainnya. Tapi, gue pribadi selalu meyakini bahwa semua hal yang ada di dunia ini pasti memiliki sisi positif dan negatifnya, tetapi terkadang kita lupa untuk menengok dua sisi tersebut dan lebih fokus pada satu sisi yang sudah kita yakini atau percayai dari awal, dan menurut gue fenomena Kpopers pun seperti itu, banyak yang melihat sisi negatifnya, namun melupakan bahwa ada sisi positif dibalik itu semua. So, disini gue mau memaparkan beberapa sisi positif atau keuntungan menjadi seorang Kpopers. Let’s check this out!

1.    Sedikit banyak bisa membedakan Cina, Jepang dan Korea

Ini sebenernya biasanya problem orang tua sih, mau Korea, Jepang, Tiongkok atau apapun itu kalo menurut mereka matanya sipit ya disebutnya dari Tiongkok.
Ortu    : “Nonton film c*na mulu, kapan belajarnya?”
Kpopers: “Ini bukan c*na Ma/ Pa, ini drama Korea.”
 Kpopers biasanya udah kenyang nih sama pernyataan gini dari orang tua ato orang lain yang ga terlalu tau dunia per-Kpop an, padahal kan yang matanya kecil ato sipit itu nggak dari Tiongkok doang. Nah! karena udah kebiasaan nonton drama ato film Korea (ato bahkan beberapa Kpopers juga menyukai dorama Jepang atau drama Tiongkok), jadi kebanyakan Kpopers bisa ngebedain mana yang orang Korea asli, mana yang blasteran, mana yang Jepang, mana yang Tiongkok dan pastinya mana yang bukan orang Asia Timur. Hehe :D

2.    Sedikit banyak bisa Bahasa Korea

Kalo yang ini nggak bakal terlewat sama hampir semua penggila Kpop, atau bahkan semua penggila Kpop. Ibarat anak kecil yang cuma belajar dari ngedengerin orang tuanya ngomong, tanpa tau gimana cara nulisnya, karena memang belum bisa nulis, Kpopers pasti  banyak yang udah mahir pake ungkapan2 sederhana dari Bahasa Korea, meski banyak dari mereka sebenarnya belum belajar Bahasa Korea sebelumnya. Tapi, tidak sedikit juga yang karena menjadi Kpopers mereka mulai menyukai Bahasa Korea dan belajar Bahasa Korea, ada yang hanya belajar otodidak, bahkan ada juga sampai mengikuti kursus.

3.    Sedikit banyak tahu Budaya dan sejarah negara Korea
Nah! Kalo ini ngga akan terlewatkan, soalnya hampir di setiap drama ataupun variety show Korea pasti ada beberapa budaya Korea yang ditampilin, dari yang cuma cara salamnya doang sampe sejarah hangul ato sejarah negara Korea itu sendiri. Jadi, jangan heran kalo seorang Kpopers terkadang pinter sejarah *eh. (Warning! Jangan lupa harus belajar budaya dan sejarah negara sendiri juga yaa)

4.    Mau nggak mau harus bisa Bahasa Inggris
Kpopers itu harus (wajib) bisa Bahasa Inggris, kalo ngga bisa, sengsara ditanggung sendiri deh pokoknya. Kenapa? Soalnya hampir semua subtitle MV bias, subtitle variety show favorit, subtitle drama, berita artis dll itu yang paling cepet pasti versi Inggrisnya, dan bahkan ada beberapa yang ngga ada versi Bahasa lainnya karena beberapa alasan. So, seorang Kpopers diwajibkan bisa (minimal membaca) Bahasa Inggris dan percayalah itu ngga akan merugikan siapa pun, karena biasanya Bahasa Inggris seorang Kpopers justru makin cakep as time goes by. Karena sebenernya nonton film atau acara asing apa pun itu yang dipentingkan 1. Baca subtitle dan 2. Nonton gambarnya , kecuali tentu aja kalo yang udah didubbing. ^^

5.    Pinter menghemat atau bekerja keras demi nonton konser bias
Kalo yang ini emang tergantung orang sih, dia mau sacrifice, ato cuma mau nangis2 di depan gadget gara2 ga bisa nonton konser bias. Untuk yang berani ‘berkorban’, biasanya yang bukan dari keluarga ‘berada’ atau mungkin sebenernya ‘berada’ tapi punya orang tua yang ngga bakal ngasih duit untuk hal2 begituan, mereka pasti bakalan muter otak untuk tau gimana caranya mereka bisa mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk bisa beli tiket konser bias. Untuk yang dikasih uang jajan yang lumayan biasanya mereka rela untuk menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung demi bisa beli tiket konser bias, atau untuk mereka yang hanya memiliki uang jajan pas2an biasanya rela untuk melakukan kerja part-time di mana pun itu (yang halal pastinya) demi bisa beli tiket konser bias, meski hanya dapat di barisan paling belakang atau bahkan bisa yang paling depan.

6.    Impian ke Korea

Hampir semua penggila Kpop pasti memiliki impian ke negara di mana tempat bias mereka tinggal. Yup Korea! Entah dari sekedar jalan-jalan, sekolah, bekerja atau bahkan tinggal menetap, pasti hampir setiap penggemar Kpop memiliki impian2 tersebut. Eits, itu bukan hal yang buruk loh menurut gue, sama seperti bagaimana mereka bisa nonton konser bias saat bias mereka datang ke negara mereka, banyak dari mereka penasaran bagaimana Korea sebenarnya. Karena itu juga tidak sedikit dari mereka memutar otak untuk tau bagaimana caranya bisa menjejakkan kaki di negeri gingseng tersebut. Beberapa ada yang belajar keras demi beasiswa, beberapa ada yang bekerja keras demi bisa jalan2 ke negara tersebut, beberapa ada yang tadinya sekolah, bekerja lalu menetap dan masih banyak lagi. Tapi, seperti kataku di awal semua itu terdapat baik dan buruknya, jadi sebaik2nya negara orang pasti ada buruknya juga.

Oke, itu beberapa keuntungan-keuntungan menjadi seorang Kpopers menurut gue dan mungkin ada lainnya lagi. Terimakasih ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta-Fakta Cast Full House Thailand

[MOVIE REVIEW] DILAN 1990: “Tatapan dan Gombalan-Gombalan Cerdas Nan Puitis yang Berhasil Membuat Hati Milea dan Penonton Meleleh”

[DRAMA REVIEW] Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo