[DRAMA REVIEW] Reply 1988


          Reply 1988 adalah serial televisi Korea tahun 2015 yang mendapatkan rating tinggi yang artinya  cukup menyita perhatian penonton. Drama ini bercerita mengenai lima keluarga yang hidup di lingkungan yang sama di Distrik Dobong, Seoul Utara. Dan tidak jauh berbeda dengan cerita pendahulunya yaitu Reply 1997, drama ini juga membawa kita untuk menebak siapa yang akan menjadi suami dari Sung Deok Sun yang di sini diperankan oleh Lee Hyeri atau Hyeri Girl’s day.
 Berdasarkan sinopsis dan berbagai artikel yang aku sudah baca sebelum nonton drama ini, aku punya ekspektasi yang cukup tinggi untuk drama ini. Aku adalah penggemar berat Reply 1997 dan aku tidak pernah bosan untuk menonton kembali drama tersebut sampai kapan pun. Jujur, aku tidak menonton Reply 1994 karena menurut banyak orang Reply 1994 tidak sebagus Reply 1997 dan ratingnya pun tidak setinggi 1997. Dan karena rating 1988 cukup tinggi jadi aku pun jadi penasaran dan awalnya aku menonton drama ini hanya bertujuan untuk menghilangkan rasa penasaranku mengenai alur ceritanya yang cukup menuai banyak pujian dan juga kritik dari para penontonnya, ditambah dengan dorongan orang-orang terdekatku yang juga ikut memuji-muji drama tersebut.
Di episode perdana, jujur aku merasa sedikit bosan dengan alur cerita yang begitu-begitu saja, latar belakang waktu dimana aku sendiri pun belum lahir pada waktu itu, ditambah dengan durasi waktu yang cukup lama di satu episodenya. Aku menguap berkali-kali saat menonton episode awal dari drama ini, aku sempat merindukan drama pendahulunya yang merupakan drama favoritku, Reply 1997. Meski berlatar belakang zaman dulu juga, Reply 1997 adalah drama yang cukup mengesankan sejak episode perdananya. Tetapi, dengan rasa penasaranku, aku tetap terus berusaha menontonnya.
Di episode kedua dan beberapa episode selanjutnya, aku pun mulai mengerti mengapa banyak orang yang menyukai drama ini, dengan set yang meyakinkan karena totalitas para crew yang –katanya mencari barang-barang tahun 1988 hingga ke luar negeri, memproduksi kembali kemasan-kemasan makanan yang ada pada waktu itu, hingga membangun kompleks yang dipakai syuting hingga menghabisakan dana 10 M hanya untuk keperluan syuting, ditambah dengan totalitas akting para aktris dan aktornya yang luar biasa, aku pun ikut terbawa ke tahun 1988 Korea Selatan, negara yang waktu itu (mungkin) masih sepadan dengan negara kita, Indonesia.
Reply 1988 bisa dikatakan sangat sukses membawa penonton dari segala kalangan, baik dari generasi yang sudah mengalami hidup di tahun 88’ untuk bernostalgia ataupun generasi masa kini yang menyukai cerita komedi-romantis yang ditawarkan oleh drama tersebut. Dan mengenai alur cerita menebak ‘misteri suami Deok Sun’, walaupun banyak kritikan jika alurnya sedikit ‘maksa’, tetapi menurutku script writer cukup apik untuk membuat itu se-natural mungkin dan berusaha membuat penonton tidak kecewa dengan drama ini di episode-episode terakhirnya.
Main Character:
·          Lee Hyeri as Sung Deok-sun
·          Park Bo-gum as Choi Taek
·         Ryu Jun-yeol as Kim Jung-hwan
·         Go Kyung-pyo as Sung Sun-woo
·         Lee Dong-hwi as Ryu Dong-ryong

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta-Fakta Cast Full House Thailand

[MOVIE REVIEW] DILAN 1990: “Tatapan dan Gombalan-Gombalan Cerdas Nan Puitis yang Berhasil Membuat Hati Milea dan Penonton Meleleh”

[DRAMA REVIEW] Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo